Visi Misi

Visi

“Pada tahun 2025 Program studi PPKn unggul dalam menghasilkan Lulusan Yang Berkarakter Pancasila dan Profesional dalam memberdayakan masyarakat laut pulau”

Visi program studi PPKn tersebut di atas memiliki arti sebagai berikut:

  • Pada tahun 2025 memiliki arti pada tahun 2025 program studi PPKn telah memiliki keunggulan dalam mengembangkan sumber daya pendidik PPKn.
  • Menghasilkan Lulusan yang profesional artinya lulusan dari program studi PPKn telah profesional dalam penguasaan kompetensi pedagogik, kompetensi profesional/keahlian dalam
    bidang ilmu PPKn, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial.
  • BerkarakterPancasila; memiliki arti yang sama dengan watak pancasila, artinya program studi dalam melaksanakan pembelajaran berorientasi pada pengembangan watak calon guru
    yang memiliki karakter sesuai dengan lima sila yang terdapat pada Pancasila.
  • Masyarakat laut pulau(menurut kamus besar bahasa Indonesia, pulau yang dikelilingi oleh laut) memiliki arti lulusan PPKn sebagai bagian dari masyarakat global telah siap dengan segala kompetensi diri untuk berkompetitif dalam skala internasional khususnya dalam membangun sumber daya manusia yang ada di Propinsi Maluku dengan bentangan alam dan geografi yang terdiri dari pulau-pulau kecil.

Misi

  1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pengajaran PPKnpada masyarakat laut pulau secara professional. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan sarjana dibidang Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dengan sistem tata pamong yang baik, dan relevan dengan perkembangan IPTEKS.
  2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian dan pengembangan Bidang PPKn yang berorientasi pada masalah masyarakat laut Pulau.
  3. Menyelenggarakan dan mengembangkan kegiatan pengabdian pada masyarakat laut pulau dengan berorientasi pada pengembangan BidangPPkn yang inovatif.
  4. Membangun hubungan yang harmonis dengan alumni dan stakeholder pada masyarakat laut pulau dalam rangka pengembangan Program Studi PPKn.
  5. Menyelenggarakan tata kelola Program Studi yang efektif, efisien dan akuntabel.

Tujuan

  1. Menghasilkan sarjan adibidang PPKn yang Profesional dengan integritas tinggi dalam pengembangan proses pendidikan dan pengajaran pada masyarakat laut pulau.
  2. Menghasilkan penelitian dalam bidang PPKn yang berorientasi pada pengembangan dan pemberdayaan masyarakat laut pulau.
  3. Menghasilkan produk inovatif dalam bidang PPKn yang dapat dikembangan dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat kepulauan.
  4. Membangun relasi yang harmonis dengan alumni dan stakeholder pada masyarakat kemupauan dalam rangka pengembangan program studi PPKn.
  5. Menghasilkan tatakelola Program Studi yang efektif, efisien dan akuntabel.